Minggu, 31 Agustus 2014

Mengenal Tanda-tanda I’rab



باب معرفة علامات الإعراب

للرفع أربع علامات: الضمة, والواو, والألف, والنون .فأما الضمة فتكون علامة للرفع في أربعة مواضع: الاسم المفرد, وجمع التكسير, وجمع المؤنث السالم, والفعل المضارع الذي لم يتصل بآخره شيء .وأما الواو فتكون علامة للرفع في موضعين: في جمع المذكر السالم وفي الأسماء الخمسة )وهي: أَبُوكَ, وَأَخُوكَ, وَحَمُوكَ, وَفُوكَ, وَذُو مَالٍ .(وأما الألف فتكون علامة للرفع في تثنية الأسماء خاصة .وأما النون فتكون علامة للرفع في الفعل المضارع إذااتصل به ضميرالتثنية أو ضميرجمع أو ضميرالمؤنثة المخاطبة.

وللنصب خمس علامات: الفتحة, والألف, والكسرة, والياء, وحذف النون .فأما الفتحة فتكون علامة للنصب في ثلاثة مواضع: في الاسم المفرد, وجمع التكسير, والفعل المضارع إذا دخل عليه ناصب ولم يتصل بآخره شيء .وأما الألف فتكون علامة للنصب في الأسماء الخمسة, نحو: رأيت أباك وأخاك وما أشبه ذلك .وأما الكسرة فتكون علامة للنصب في جمع المؤنث السالم .وأما الياء فتكون علامة للنصب في التثنية والجمع .وأما حذف النون فيكون علامة للنصب في الأفعال الخمسة التي رفعها بثبوت النون.

وللخفض ثلاث علامات: الكسرة, والياء, والفتحة .فأما الكسرة فتكون علامة للخفض في ثلاثة مواضع: في الاسم المفرد المنصرف وجمع التكسير المنصرف وجمع المؤنث السالم .وأما الياء فتكون علامة للخفض في ثلاثة مواضع: في الأسماءالخمسة, وفي التثنية, والجمع .وأماالفتحة فتكون علامة للخفض في الاسم الذي لا ينصرف.

وللجزم علامتان: السكون والحذف .فأما السكون فيكون علامة للجزم في الفعل المضارع الصحيح الآخر. وأما الحذف فيكون علامة للجزم في الفعل المضارع المعتل الآخر وفي الأفعال الخمسة التي رفعها بثبات النون.

Mengenal Tanda-tanda I’rab

1.      Tanda I’rab Rafa’
I’rab rafa’ memiliki 4 tanda: dhammah, wawu, alif, dan nun.
a)      “Dhammah” menjadi tanda bagi i’rab rafa’ pada 4 tempat: isim mufrad, jama’ taksir, jama’ muannats salim, dan fi’il mudhari’ yang akhirnya tidak bersambung dengan sesuatu.
b)      “Wawu” menjadi tanda bagi i’rab rafa’ pada 2 tempat: jama’ mudzakkar salim, dan asmaul khamsah atau isim yang lima yaitu; أَبُوْكَ (bapakmu), أَخُوْكَ (saudara laki-lakimu), حَمُوْكَ (iparmu),  فُوْكَ (mulutmu), dan ذُوْمَالٍ (pemilik harta).
c)      “Alif” menjadi tanda bagi i’rab rafa’ pada 1 tempat: isim tatsniyah.
d)     “Nun” menjadi tanda bagi i’rab rafa’ pada 1 tempat: fi’il mudhari’ yang bersambung dengan; dhamir tatsniyah, dhamir jama’ dan dhamir muannats mukhathabah.

2.      Tanda I’rab Nashab
I’rab nashab memiliki 5 tanda: fathah, alif, kasrah, ya’, dan hadzfunnun (membuang huruf nun) .
a)      “Fathah” menjadi tanda bagi i’rab nashab pada 3 tempat: isim mufrad, jama’ taksir, dan fi’il mudhari’ yang kemasuk amil nashab (yang menashabkan) dan di akhirnya tidak bersambung dengan sesuatu.
b)      “Alif” menjadi tanda bagi i’rab nashab pada 1 tempat: asmaul khamsah atau isim yang lima yaitu; أَبُوْكَ (bapakmu), أَخُوْكَ (saudara laki-lakimu), حَمُوْكَ (iparmu),  فُوْكَ (mulutmu), dan ذُوْمَالٍ (pemilik harta). Contohnya: رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاك (aku melihat bapakmu dan saudara laki-lakimu), dll.
c)      “Kasrah” menjadi tanda bagi i’rab nashab pada 1 tempat: jama’ muannats salim.
d)     “Ya’” menjadi tanda bagi i’rab nashab pada 2 tempat: tatsniyah, dan jama’ (mudzakkar salim).
e)      Hadzfunnun (membuang huruf nun)” menjadi tanda bagi i’rab nashab pada 1 tempat: af’alul khamsah atau fi’il yang lima yang ketika rafa’nya dengan tetap nun.

3.      Tanda I’rab Kahfadh/Jar
I’rab khafadh/jar memiliki 3 tanda: kasrah, ya’, dan fathah.
a)      “Kasrah” menjadi tanda bagi i’rab khafadh pada 3 tempat: isim mufrad yang menerima tanwin, jama’ taksir yang menerima tanwin, dan jama’ muannats salim.
b)      “Ya’” menjadi tanda bagi i’rab khafadh pada 3 tempat: asmaul khamsah atau isim yang lima, isim tatsniyah, dan jama’.
c)      “Fathah” menjadi tanda bagi i’rab khafadh pada 1 tempat: isim ghairu munsharif atau isim yang tidak menerima tanwin.

4.      Tanda I’rab Jazm
I’rab jazm memiliki 2 tanda: sukun, dan al-hadzfu (membuang).
a)      “Sukun” menjadi tanda bagi i’rab jazm pada 1 tempat: fi’il yang shahih akhirnya.
b)      Al-Hadzfu (membuang)” menjadi tanda bagi i’rab jazm pada 2 tempat: fi’il mudhari’ yang mu’tal akhirnya, dan pada fi’il yang ketika rafa’nya dengan tetap nun.

Catatan: Istilah-istilah yang perlu difahami dalam bab ini, yaitu:
1)      Isim mufrad adalah: isim yang menunjukkan makna satu, yang selain asmaul khamsah. Contoh: زَيْدٌ
2)      Jama’ taksir adalah: isim yang menunjukkan makna banyak, dan berubah dari asal mufradnya. Contoh: كُتُبٌ dari mufrad كِتَابٌ
3)      Jama’ muannats salim adalah: isim yang menunjukkan makna banyak, dengan cara memberi tambahan alif dan ta’ di akhirnya. Contoh:هِنْدَاتٌ  dari mufrad  هِنْدٌ
4)      Asmaul khamsah (isim yang lima) adalah: isim yang terdiri dari lafadz أَبٌ (bapak), أَخٌ (saudara laki-laki), حَمٌ (ipar),  فَمٌ(mulut), dan ذُوْ (pemilik). Dengan syarat 4 lafadz yang pertama dimudhaf (disambung)kan kepada isim dhamir dan tidak ditashghir, contohnya: جَاءَ أَبُوْكَ. Dan untuk syaratnya ذُو memiliki arti صَاحِب /shahib (yang memiliki), contohnya: ذُوْمَالٍ (artinya orang yang memiliki harta).
5)      Jama’ mudzakkar salim adalah: isim yang menunjukkan makna banyak, dengan cara; memberi tambahan “wawu” dan “nun” di akhirnya ketika dalam keadaan rafa’, contohnya: مُسْلِمُوْنَ , dan memberi tambahan “ya’” dan “nun” di akhir ketika dalam keadaan nashab dan jar, contohnya: ,رَأَيْتُ مُسْلِمِيْنَ  مَرَرْتُ بِمُسْلِمِيْنَ.
6)      Isim tatsniyah adalah: isim yang menunjukkan makna dua, serta ditambah; “alif” dan “nun” sewaktu rafa’, contohnya: جَاءَ الزَّيْدَانِ , dan ditambah; “ya’” dan “nun” sewaktu nashab, contohnya: ,رَأَيْتُ الزَّيْدَيْنِ مَرَرْتُ بِالزَّيْدَيْنِ. Perbedaan antara jama’ mudzakkar salim dan isim tatsniyah ketika nashab dan caranya ialah, kalau isim tatsniyah difathah huruf sebelum “ya’” dan dikasrah “nun”nya. Sedangkan jama’ mudzakkar salim huruf sebelum “ya’” dikasrah dan difathah “nun”nya.
7)      Isim ghairu munsharif (isim yang tidak menerima tanwin) adalah: isim yang menyerupai kalimat fi’il dalam segi mempunyai 2 ‘illat (sebab), contohnya: أَحْمَدُ ; ‘illat pertama berupa ‘alam (علم) dan ‘illat kedua berupan wazan فعل.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar