Minggu, 31 Agustus 2014

Kalam (Macam-macam Kalimat)



أنواع الكلام

الكلام هو اللفظ المركب المفيد بالوضع .وأقسامه ثلاثة: اسم وفعل وحرف جاء لمعنى .فالاسم يعرف: بالخفض ,والتنوين ,ودخول الألف واللام, وحروف الخفض) وهي: من وإلى وعن وعلى وفي ورب والباء والكاف واللام(, وحروف القسم )وهي: الواو والباء والتاء .(والفعل يعرف: بقد والسين و سوف وتاء التأنيث الساكنة .والحرف: مالا يصلح معه دليل الاسم ولا دليل الفعل .

Macam-macam Kalam (Kalimat)

Kalam (kalimat) adalah: lafadz yang tersusun yang memiliki faedah pada asalnya (dengan bahasa Arab). Penyusun kalimat itu terdiri dari 3 macam: isim, fi’il, dan huruf yang memiliki arti.

1.      Isim (Kata Benda)
Isim dapat dikenali dengan keberadaan khafadh (jar), tanwin, kemasukan alif dan lam, huruf khafadh (yaitu: مِنْ -dari, إِلَى -ke, عَنْ -dari, عَلَى -di atas, فِي -di, رُبَّ -jarang, بِ -dengan, كَ -seperti, لِ -untuk), huruf qasam/sumpah (yaitu yaitu: و, ب dan ت).

2.      Fi’il (Kata Kerja)
Fi’il dapat dikenali dengan keberadaan قَدْ (sungguh/terkadang), سَ (akan),  سَوْفَ (akan), تَاءِ اَلتَّأْنِيثِ اَلسَّاكِنَةِ (ta’ ta’nits yang mati/bersukun).

3.      Huruf
Huruf indikasinya adalah sesuatu yang tidak memenuhi ciri-ciri isim dan fi’il, atau bisa dikatakan tidak memiliki tanda.

Catatan: Istilah-istilah yang perlu difahami dalam bab ini, yaitu:
1)      Kalam (كلام) dalam bahasa Arab berarti sebuah kalimat (dalam bahasa Indonesianya). Sedangkan Kalimat (كلمة) dalam bahasa Arab berarti sebuah kata (dalam bahasa Indonesianya). Pengertian Kalimat  (كلمة) adalah: setiap suara yang mengandung huruf hijaiyyah. Contoh: زَيْدٌ.
2)      Fi’il adalah: kalimat yang menunjukkan arti dengan sendirinya yang disertai dengan salah satu zaman 3; madhi (lampau), hal (sedang) dan istiqbal (yang akan datang).
3)      Isim adalah: kalimat yang menunjukkan arti dengan sendirinya yang tidak disertai dengan zaman, contoh: زَيْدٌ, كِتَابٌ .
4)      Huruf adalah: kalimat yang tidak bisa menunjukkan arti jika tidak disertai kalimat yang lain, contoh: هَلْ, فِيْ, لَمْ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar