Minggu, 31 Agustus 2014

Isim-isim yang Dijarkan



باب مخفوضات الأسماء

اَلْمَخْفُوضَاتُ ثَلَاثَةُ أَنْوَاعٍ: مَخْفُوضٌ بِالْحَرْفِ, وَمَخْفُوضٌ بِالْإِضَافَةِ, وَتَابِعٌ لِلْمَخْفُوضِ .فَأَمَّا اَلْمَخْفُوضُ بِالْحَرْفِ فَهُوَ مَا يَخْتَصُّ بِمِنْ, وَإِلَى, وَعَنْ, وَعَلَى, وَفِي, وَرُبَّ, وَالْبَاءِ, وَالْكَافِ, وَاللَّامِ, وَبِحُرُوفِ اَلْقَسَمِ وَهِيَ: اَلْوَاوُ وَالْبَاءُ وَالتَّاءُ, وَبِوَاوِ رُبَّ, وَبِمُذْ, وَمُنْذُ .وَأَمَّا مَا يُخْفَضُ بِالْإِضَافَةِ, فَنَحْوُ قَوْلِكَ: غُلَامُ زَيْدٍ. وَهُوَ عَلَى قِسْمَيْنِ: مَا يُقَدَّرُ بِاللَّامِ, وَمَا يُقَدَّرُ بِمِنْ. فَاَلَّذِي يُقَدَّرُ بِاللَّامِ نَحْوُ: غُلَامُ زَيْدٍ. وَاَلَّذِي يُقَدَّرُ بِمِنْ, نَحْوُ: ثَوْبُ خَزٍّ, وَ بَابُ سَاجٍ, وَ خَاتَمُ حَدِيدٍ .

Isim-isim yang Dijarkan

Isim-isim yang dikhafadh/jarkan ada 3 bagian: dijarkan dengan huruf, dijarkan dengan idhafah, dan dijarkan karena mengikuti yang sebelumnya.

Yang dijarkan dengan huruf jar, yaitu dengan huruf-huruf jar, huruf qasam, مُذْ dan  مُنْذُ.

Adapun yang dijarkan dengan idhafah contohnya: غُلَامُ زَيْدٍ (pembantu Zaid). Dan yang dijarkan dengan idhafah ini ada 2: yang dikira-kirakan dengan lam (taqdir lam) dan yang dikira-kirakan dengan min (taqdir min). Yang ditaqdir dengan lam (bermakna milik) contohnya: غُلَامُ زَيْدٍ (pembantunya Zaid). Yang ditaqdirkan dengan min (bermakna asal kejadian), contohnya: ثَوْبُ خَزٍّ (Baju -terbuat dari- sutera), بَابُ سَاجٍ (pintu kayu jati), خَاتَمُ حَدِيدٍ (cincin besi).

Untuk terjemah selengkapnya silakan download di sini: Nurul Qamariyyah Jurumiyyah

Selanjutnya akan saya buatkan bagan atau daftar dari terjemahan ini.
Insya Allah di waktu yang tepat, mulai beraksi lagi.
Dan akhirnya, Alhamdulillah selesai.
Mohon untuk dikoreksi kembali.
31 Agustus 2014 Masehi.
Sya’roni As-Samfuriy.
Margasari.

TAMAT
والله اعلم با الصواب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar