باب الأفعال
الأفعال ثلاثة: ماضٍ,
ومضارع, وأمر. نحو: ضرب, ويضرب, واضرب
.فالماضي مفتوح الآخر أبداً
.والأمر مجزوم أبداً
.والمضارع ما كان في أوله إحدى الزوائد الأربع التي يجمعها قولك (أنيت) وهو
مرفوع أبداً حتى يدخل عليه ناصب أو جازم.
فالنواصب عشرة وهي :أنْ, ولن, وإذن, وكي, ولام كي, ولام الجحود, وحتى, والجواب بالفاء و الواو, وأو
.
والجوازم ثمانية عشر
وهي :لم، ولما، وألمْ،
وألمَّا، ولام الأمر والدعاء ولا في النهي والدعاء، وإن، وما, ومهما، وإذ، وإذما، وأي، ومتى، وأين، وأيان، وأنَّى،
وحيثما، وكيفما، وإذاً في الشعر خاصة
.
Fi’il
(Kata Kerja)
Fi’il itu ada 3: fi’il madhi (telah), fi’il mudhari’ (sedang/akan),
dan fi’il amr (perintah). Contohnya: ضَرَبَ (telah
memukul), يَضْرِبُ (sedang/akan memukul), dan اِضْرِبْ (pukullah).
Fi’il madhi selalu difathah, fi’il amr selalu dijazmkan,
sedangkan fi’il mudhari’ selalu dirafa’kan kecuali ada amil nashab atau jazm
yang masuk padanya. Fi’il mudhari’ itu fi’il yang di awalnya terdapat salah
satu dari huruf tambahan yang empat, yaitu hamzah, nun, ya’
dan ta’, yang terkumpul dalam perkataan أَنَيْتُ.
Amil nashab (yang menashabkan) itu ada 10:
1. أَنْ (bahwa)
2. لَنْ (tiakkan)
3. إِذَنْ (jadi/kalau begitu)
4. كَيْ (supaya)
5. لَامُ كَيْ (lam bermakna agar/supaya)
6. لَامُ اَلْجُحُودِ (lam bermakna pengingkaran)
7. حَتَّى (sehingga)
8. الْجَوَابُ بِالْفَاءِ (kalimat jawab dengan fa’)
9. الْجَوَابُ بِالْوَاوِ (kalimat jawab dengan wawu)
10. الْجَوَابُ بِ أَوْ (kalimat jawab dengan au).
Amil jazm (yang menjazamkan) itu ada 18:
1. لَمْ (tidak)
2. لَمَّا (belum)
3. أَلَمْ (tidakkah?)
4. أَلَمَّا (belumkah?)
5. لَامُ اَلْأَمْرِ وَالدُّعَاءِ (lam untuk perintah dan
permohonan) atau لَا فِي اَلنَّهْيِ وَالدُّعَاءِ (lam untuk larangan dan
permohonan)
6. إِنْ (jika)
7. مَا (apa)
8. مَنْ (siapa)
9. مَهْمَا (apapun)
10. إِذْمَا (kalau)
11. أَيٌّ (mana, sesuatu apa)
12. مَتَى (kapan)
13. أَيْنَ (di mana)
14. أَيَّانَ (kapan)
15. أَنَّى (bagaimana)
16. حَيْثُمَا (dimanapun)
17. كَيْفَمَا (bagaimanapun)
18. إِذًا فِي اَلشِّعْرِ خاصة (“jika demikian”
pada syair tertentu).
Catatan: Istilah-istilah yang perlu difahami
dalam bab ini, yaitu:
1) Fi’il madhi adalah: kalimat yang menunjukkan
arti yang disertai dengan zaman madhi (lampau), contohnya: حَفِظَ.
2) Fi’il mudhari’ adalah: kalimat yang menunjukkan
arti yang disertai dengan zaman hal (sedang), atau istiqbal (akan),
contohnya: يَكْتُبُ.
3) Fi’il amr adalah: kalimat yang menunjukkan
arti perintah, contohnya: أُكْتُبْ, اِجْتَهِدْ.
itu artinya لَنْ apakah tiakkan apa takkan Pak?...
BalasHapus